Kamis, 26 Januari 2012

Kaidah mengenal bid'ah seri 2

| Kamis, 26 Januari 2012 | 0 komentar

Oleh : Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc

6. Setiap taqarrub kepada Allah dengan cara melakukan sesuatu dari adat kebiasaan atau mu'amalah dari sisi yang tidak dianggap oleh syari'at adalah bid'ah. (Al I'tisham 2/79-82).
Contoh: beribadah dengan cara diam terus menerus, atau menganggap memakai pakaian yang terbuat dari kain wol adalah ibadah.
Yang harus difahami adalah bahwa masalah adat dan mu'amalat pada asalnya adalah mubah, dan bisa berubah hukumnya bila dijadikan sebagai wasilah, namun ketika dijadikan sebagai ibadah yang berdiri sendiri dapat menjadi bid'ah.

7. Setiap taqarrub kepada Allah dengan cara melakukan apa yang Allah larang adalah bid'ah. (Jami'ul uluum wal hikam 1/178).
Contohnya Allah melarang tasyabbuh, maka bertaqarrub kepada Allah dengan cara bertasyabbuh adalah haram, seperti merayakan kelahiran Nabi karena ini menyerupai kaum nashara yang merayakan natal.

8. Setiap ibadah yang telah ditentukan oleh syari'at tata caranya, tempat, waktu, jumlah, sebab dan jenisnya, maka merubah-rubahnya adalah bid'ah. (Al I'tisham 2/34).
Contoh tata cara shalat telah ditentukan tata caranya, maka merubah-rubah atau menambah-nambah dari yang disyari'atkan adalah bid'ah.

9. Setiap ibadah yang TIDAK ditentukan oleh syari'at tata caranya, tempat, waktu, jumlah, sebab dan jenisnya, maka menentukannya dengan tanpa dalil adalah bid'ah. (Al ba'its hal 47-54).
Contoh: dzikir dengan cara berjama'ah dan suara koor, atau membuat jumlah dzikir tertentu tanpa dalil, atau membuat do'a tertentu tanpa dalil.

10. Berlebih-lebihan dalan ibadah dengan cara menambah-nambah dari batasan yang disyari'atkan adalah bid'ah. (Majmu' fatawa 10/392).
Contoh melafadzkan niat, atau shalat malam semalaman gak tidur, atau tidak mau menikah untuk ibadah dsb.

sumber : http://www.salamdakwah.com

Ditulis Oleh : muhammad yusuf ~ Blog Pribadi Abu Iram Al-Atsary

Selamat, Anda sedang membaca artikel saya yang berjudul Kaidah mengenal bid'ah seri 2 - Artikel ini diposting oleh muhammad yusuf pada hari Kamis, 26 Januari 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jangan lupa like ke akun facebook anda untuk berbagi - Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui Buku Tamu Kami. By. Abu Iram Al-Atsary.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com