Kamis, 26 Januari 2012

Kaidah mengenal bid'ah seri 1

| Kamis, 26 Januari 2012 | 2 komentar

Oleh : Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc

1. Setiap ibadah yang berdasarkan hadits yang palsu adalah bid'ah.
Seperti shalat raghaib, nishfu sya'ban, dsb. (Al I'tisham 1/224-231).

2. Setiap ibadah yang hanya berdasarkan ra'yu dan hawa nafsu adalah bid'ah. (Al ibdaa' hal 41).
Seperti hanya berdasar pendapat sebagian ulama, atau adat istiadat suatu tempat yg dijadikan ibadah, atau berdasar hikayat dan mimpi. Seperti khuruj.

3. Suatu ibadah yang tidak dilakukan oleh Rasulullah sementara pendorongnya ada dan penghalangnya tidak ada maka hukumnya bid'ah.(Al I'tisham 1/361, majmu' fatawa ibnu taimiyah 26/172).
Karena sesuatu yg tidak dilakukan oleh Rasulullah tidak lepas dari tiga keadaan:
A. Tidak dilakukan karena belum ada pendorongnya atau belum dibutuhkan.
B. Tidak dilakukan karena masih ada penghalangnya.
Dua poin ini, bila pendorongnya telah muncul atau penghalangnya telah hilang, dan amat dibutuhkan dan mashlahatnya jelas maka melakukannya tidak dianggap bid'ah, seperti mengumpulkan alqur'an, membuat ilmu nahwu dsb.
C. Tidak dilakukan padahal pendorongnya ada, dan penghalangnya tidak ada, maka melakukannya bid'ah. Seperti adzan dan qamat untuk shalat ied, perayaan-perayaan yg tidak disyari'atkan dsb.

4. Setiap ibadah yang tidak dilakukan oleh para shahabat padahal pendorongnya ada, dan penghalangnya tidak ada, maka melakukannya bid'ah. (Al Ba'its hal 48).
Contohnya perayaan maulid nabi yg baru muncul pada tahun 317H, yg pertama kali melakukannya banu fathimiyah syi'ah ekstrim.

5. Setiap ibadah yang menyelisihi kaidah syari'at dan maksud tujuannya adalah bid'ah. (Al I'tisham 2/19-20).
Contohnya baca alqur'an keras-keras dengan mikrophon, karena sangat mengganggu, sedangkan mengganggu kaum muslimin adalah haram, dan kaidah berkata: "Menghindari mafsadah lebih disahulukan dari mendatangkan mashlahat".


sumber : http://www.salamdakwah.com/baca-artikel/kaidah-mengenal-bidah-seri-1.html

Ditulis Oleh : muhammad yusuf ~ Blog Pribadi Abu Iram Al-Atsary

Selamat, Anda sedang membaca artikel saya yang berjudul Kaidah mengenal bid'ah seri 1 - Artikel ini diposting oleh muhammad yusuf pada hari Kamis, 26 Januari 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jangan lupa like ke akun facebook anda untuk berbagi - Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui Buku Tamu Kami. By. Abu Iram Al-Atsary.

2 komentar:

Tholibil mengatakan...

assalamu'alaikum..

Abu Iram Al-Atsary mengatakan...

wa'alaykumussalam warahmatullah kakang, hatur nuhun kunjunganna...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com