Sabtu, 18 Februari 2012

Kedudukan Sunnah Didalam Islam 1

| Sabtu, 18 Februari 2012 | 0 komentar


 (منزلة السنة في الإسلام)





Oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albany


مقدمـــة
     الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وآله وصحبه ومن والاه.
     وبعد:
     فهذه محاضرة كنت قد ألقيتها في مدينة الدوحة عاصمة قطر في شهر رمضان المبارك من عام 1392 هـ، وقد اقترح علي بعض الإخوان طبعها؛ لما فيها من فوائد هامة، ولحاجة المسلمين إلى مثلها.
     واستجابة لطلبهم؛ أنشرها تعميما للنفع بها، ومراعاة للذكرى والتاريخ، وقد أضفنا إليها بعض العناوين التفصيلية؛ إعانة للقارئ الكريم على استجماع أفكارها الرئيسية، وأرجو الله عز وجل أن يكتبني في جملة الدافعين عن دينه والناصرين لشرعه وأن يثيبني عليها وإنه أكرم مسؤول.




Muqaddimah 
Segala puji bagi Allah dan sholawat serta salam semoga tercurah kepada Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam dan kepada para sahabatnya keluarganya... 

Dan setelah itu :
Ini merupakan muhadlarah yang pernah aku (Asy-SyaikhAl-Albani v) sampaikan di kota Dauhah ibu kotaQatar, pada bulan Ramadlan tahun 1392 H. Namunsebagian ikhwan meminta kepadaku agar ceramahtersebut ditulis menjadi sebuah buku; karena muhadlarahtersebut mengandung banyak faedah yang penting.Maka akupun memenuhi permintaan tersebut untukmenyebarkan manfaatnya. Sebagai peringatan, akutambahkan pula sebagian judul untuk membantu pembaca dalam memahami inti permasalahan setiappembahasannya. Aku berharap Allah agar mencatatkutermasuk orang yang membela agama-Nya, membelasyari’at-Nya, serta menuliskan pahala untukku. Diaadalah semulia-mulianya tempat meminta.



منزلة السنة في الإسلام وبيان أنه لا يستغنى عنها بالقرآن
      إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا وسيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له، ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله.
     {يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون}.
     {يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة وخلق منها زوجها وبث منهما رجالا كثيرا ونساء واتقوا الله الذي تساءلون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيبا}.
     {يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وقولوا قولا سديدا يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزا عظيما}.
     أما بعد: فإن أصدق الحديث كتاب الله، وأحسن الهدي هدي محمد صلى الله عليه وسلم، وشر الأمور محدثاتها، وكل محدثة بدعة، وكل بدعة ضلالة، وكل ضلالة في النار.
     وبعد: فإني لأظن أنني سوف لا أستطيع أن أقدم لهذا الحفل الكريم لا سيما وفيه العلماء الأجلاء والأساتذة الفضلاء ـ شيئا من العلم لم يسبق أن أحاطوا به علما فإن صدق ظني فحسبي من كلمتي هذه أن أكون بهذا مذكرا متبعا لقول الله تبارك وتعالى: {وذكر فإن الذكرى تنفع المؤمنين} [الذاريات: 55].
     إن كلمتي في هذه الليلة المباركة من ليالي شهر رمضان المعظم لم أرَ أن تكون في بيان شيء من فضائله وأحكامه وفضل قيامه ونحو ذلك مما يطرقه فيه عادة الوعاظ والمرشدون بما ينفع الصائمين ويعود عليهم بالخير والبركة، وإنما اخترت أن يكون حديثي في بحث هام جدا لأنه أصل من أصول الشريعة الغراء وهو بيان أهمية السنة في التشريع الإسلامي.


Kedudukan As-Sunnah dalam Islam
Segala puji bagi Allah, kami memuji, memintapertolongan, meminta ampun serta memintaperlindungan kepada-Nya dari kejelekan jiwa-jiwa dan amal perbuatan kami.
Barangsiapa yang telah diberipetunjuk oleh Allah, tidak ada yang bisamenyesatkannya. Dan barangsiapa yang telah disesatkanoleh Allah, tidak ada yang bisa memberi petunjuk. Akubersaksi bahwasannya tidak ada tuhan yang berhaq untukdisembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutubagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalahutusan-Nya.Allah berfirman :
”Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepadaAllah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlahsekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaanberagama Islam.” (QS. Al Imran [3]: 102).

”Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-muyang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan dari padakeduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allahyang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu salingmeminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungansilaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga danmengawasi kamu.” [QS. An-Nisaa’ [4] : 1].

”Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamukepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmudan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapamenta'ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya iatelah mendapat kemenangan yang besar” (QS. Al-Ahzaab [33] : 70-71).Amma ba’duSesungguhnya perkataan yang paling benar adalahKitabullah, dan petunjuk yang paling baik adalahpetunjuk Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam.Adapun perkara yang paling jelek adalah perkara yangdiada-adakan, dan semua perkara yang diada-adakanadalah bid’ah, sedangkan semua bid’ah itu sesat, dansemua kesesatan itu di neraka. Dan setelah itu :
Aku telah mempunyai perkiraan bahwa aku tidak akanbisa membawakan materi yang asing dalam acara ini,apalagi di sini banyak ulama dan ustadz yangterpandang. Kalau benar perkiraanku ini, cukuplahperkataanku ini sebagai pengingat, mengamalkan firmanAllah :
”Berilah peringatan, karena peringatan itu akanbermanfaat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Adz-Dzaariyaat [51] : 55).Ceramahku di malam bulan Ramadlan yang mulia initidak berkaitan dengan masalah keutamaan puasa,keutamaan shalat tarawih, atau yang lainnya, sepertiyang biasa disampaikan oleh para penasihat danpembimbing lainnya. Sehingga bisa memberikanmanfaat bagi orang yang menjalankan puasa, danmenghasilkan kebaikan dan barakah bagi mereka.Namun tema yang aku pilih dalam pertemuan ini adalahmasalah yang sangat penting, karena merupakan salahsatu pokok syari’at yang mulia, yaitu penjelasanpentingnya As-Sunnah dalam syari’at Islam.


وظيفة السنة في القرآن
     تعلمون جميعا أن الله تبارك وتعالى اصطفى محمدا صلى الله عليه وسلم بنبوته واختصه برسالته فأنزل عليه كتابه القرآن الكريم وأمره فيه في جملة ما أمره به أن يبينه للناس، فقال تعالى: {وأنزلنا إليك الذكر لتبين للناس ما نزل إليهم} [النحل: 44].
     والذي أراه أن هذا البيان المذكور في هذه الآية الكريمة يشتمل على نوعين من البيان:
     الأول: بيان اللفظ ونظمه، وهو تبليغ القرآن وعدم كتمانه وأداؤه إلى الأمة كما أنزله الله تبارك وتعالى على قلبه صلى الله عليه وسلم.
     وهو المراد بقوله تعالى: {يا أيها الرسول بلغ ما أنزل إليك من ربك} [المائدة: 67]، وقد قالت السيدة عائشة رضي الله عنها في حديث لها: "ومن حدثكم أن محمدا كتم شيئا أمر بتبليغه فقد أعظم على الله الفرية. ثم تلت الآية المذكورة" [أخرجه الشيخان].
     وفي رواية لمسلم: "لو كان رسول الله صلى الله عليه وسلم كاتما شيئا أمر بتبليغه لكتم قوله تعالى: {وإذ تقول للذي أنعم الله عليه وأنعمت عليه أمسك عليك زوجك واتق الله وتخفي في نفسك ما الله مبديه وتخشى الناس والله أحق أن تخشاه}" [الأحزاب: 37].
     والآخر: بيان معنى اللفظ أو الجملة أو الآية الذي تحتاج الأمة إلى بيانه وأكثر ما يكون ذلك في الآيات المجملة أو العامة أو المطلقة فتأتي السنة فتوضح المجمل وتخصص العام وتقيد المطلق. وذلك يكون بقوله صلى الله عليه وسلم كما يكون بفعله وإقراره.


Kedudukan As-Sunnah terhadap Al-Qur’an
Kita semua mengetahui bahwa Allah tabaaraka wa ta’alatelah memilih Muhammad dengan nubuwwah,memuliakannya dengan risalah, menurunkan kepadanya kitab-Nya Al-Qur’an Al-Karim dan memerintahkannyauntuk menerangkan kepada manusia. Allah ta’alaberfirman :
”Dan Kami turunkan kepadamu Al Qur'an, agar kamumenerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya merekamemikirkan” (QS. An-Nahl [16]: 44).Menurut pandanganku (Asy-Syaikh Al-Albani), Al-Bayan (penjelasan) yang disebutkan dalam ayat ini mencakup 2 macam penjelasan :

Pertama, penjelasan lafadh dan susunannya, yaitupenyampaian Al-Qur’an tidak menyembunyikannya danmenyampaikan kepada umat, sebagaimana Allah ta’alamenurunkannya kepada beliau . Inilah yang dimaksud dengan firman Allah ta’ala :
”Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkankepadamu dari Tuhanmu …” (QS. Al-Maaidah [5] : 67)

Telah berkata Sayyidah ‘Aisyah dalam haditsnya : 
”Barangsiapa yang mengatakan kepada kalian bahwaMuhammad menyembunyikan perkara yang diaperintahkan untuk menyampaikannya, berarti ia telah berbuat kedustaan yang besar kepada Allah”. Kemudianbeliau membaca ayat tersebut". [Diriwayatkan olehBukhari dan Muslim].Dalam riwayat Muslim: “Kalaulah Rasulullah menyembunyikan suatu perkara yang diperintahkanuntuk disampaikan, sungguh dia akan menyembunyikanfirman Allah ta’ala :
”Dan (ingatlah), ketika kamu berkata kepada orang yangAllah telah melimpahkan ni'mat kepadanya dan kamu(juga) telah memberi ni'mat kepadanya: "Tahanlah terus isterimu dan bertakwalah kepada Allah", sedang kamumenyembunyikan di dalam hatimu apa yang Allah akanmenyatakannya, dan kamu takut kepada manusia, sedangAllah-lah yang lebih berhak untuk kamu takuti.”(QS. Al-Ahzab [33] : 37)

Kedua, Penjelasan makna lafadh atau kalimat atau ayatyang ummat ini membutuhkan penjelasan. Yang demikian ini banyak dalam ayat-ayat yang mujmal(global), ammah (umum), atau muthlaq. Maka datanglahAs-Sunnah menjelaskan yang mujmal, mengkhususkan yang umum, dan membatasi yang muthlaq. Yangdemikian ini semuanya terjadi dengan perkataan beliau sebagaimana terjadi pula dengan perbuatan dan taqrir beliau.


Insya Allah Bersambung ..

Ditulis Oleh : Unknown ~ Blog Pribadi Abu Iram Al-Atsary

Selamat, Anda sedang membaca artikel saya yang berjudul Kedudukan Sunnah Didalam Islam 1 - Artikel ini diposting oleh Unknown pada hari Sabtu, 18 Februari 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jangan lupa like ke akun facebook anda untuk berbagi - Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui Buku Tamu Kami. By. Abu Iram Al-Atsary.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com