Jumat, 10 Agustus 2012

Ramadhan, Syetan Dibelenggu, Kenapa masih ada Maksiat?

| Jumat, 10 Agustus 2012 | 0 komentar

Pertanyaan :
Dalam HR. Bukhori dikatakan :"Jika masuk bulan ramadhan pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan dibelenggu. yang jadi pertanyaan kalau setan dibelenggu kenapa masih ada kemaksiatan dibulan ramadhan?"
Mohon jawabanya



Jawab :

Ibnu Hajar Al-Asqalani, seorang ulama' besar yang meninggal pada tahun 852 H, telah menulis beberapa jawaban untuk syubhat yang ingin melemahkan hadits Rasul shallallahu alaiahi wa sallam yang berkenaan dengan dibelenggunya setan-setan pada bulan Ramadhan. Berikut kami terjemahkan tulisan beliau dengan diberikan sedikit penjelasan:

kalau dikatakan: seandainya setan-setan dibelenggu, kenapa kami masih melihat kejelekan dan maksiat-maksiat terjadi?

Jawabnya adalah (ada beberapa jawaban untuk syubhat ini.pent):
1. Sedikit jumlahnya maksiat dan kejelekan yang bersumber dari orang puasa yang memenuhi syarat-syarat puasa dan memperhatikan adab-adabnya (hadits tadi bisa dibuktikan di lapangan dengan kejadian tadi.pent)

2. Yang dibelenggu adalah sebagian setan (pemimpin setan), bukan semuanya, sebagaimana yang telah disebutkan dalam beberapa riwayat. (jadi setan lain masih bisa menggoda.pent)

3. Maksud hadits ini: adanya peminimalan keburukan pada bulan ini, dan ini bisa disaksikan, karena terjadinya itu (maksiat.pent) lebih sedikit dibanding pada bulan lain.

4. Meski semua setan dibelenggu (maksiat bisa terjadi.pent)karena keburukan dan maksiat tidak hanya bersumber dari setan, akan tetapi juga bersumber dari jiwa yang yang jahat, kebiasaan buruk atau setan dari kalangan manusia (sedangkan tiga hal ini masih ada pada bulan Ramadhan.pent).

Fathul Baari oleh Ibnu Hajar Al-Asqalani 4/114

Dijawab Oleh : Ustadz Mukhsin Suaidi, Lc

Ditulis Oleh : muhammad yusuf ~ Blog Pribadi Abu Iram Al-Atsary

Selamat, Anda sedang membaca artikel saya yang berjudul Ramadhan, Syetan Dibelenggu, Kenapa masih ada Maksiat? - Artikel ini diposting oleh muhammad yusuf pada hari Jumat, 10 Agustus 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jangan lupa like ke akun facebook anda untuk berbagi - Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui Buku Tamu Kami. By. Abu Iram Al-Atsary.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com