Selasa, 21 Februari 2012

Jurus Jitu Abah saat melamar dan dilamar

| Selasa, 21 Februari 2012 | 0 komentar

Maktabah Online On Jurus jitu saat melamar dan dilamar


Bismillah...

Ini tentang masalah "apa yang dilakukan saat nadhor dan meminang?"


Diantara syari'at Islam yang terkadang membuat LuGu (Lucu dan Gugup) adalah syariat nadhor. karena untuk yang  baru pertama kali tentu saja kadang membuat kita nervous, berbeda kalo yang nadhornya Abu Ambar, Abu Raafi' Aira Adani, Andy Darmawan terlebih lagi Abah Sukpandiar Idris Advokat As-salafy dan Abah Iyan Syahrial Syam Guci, tentu lancaaaaaaar... (mungkin)...Piss yaa...

Nah demikian sedikit penjelasannya.
Sayri'at nadhor dan meminangnya engga akan saya jelaskan, karena ini saya anggap sudah tahu, lalu apa yang harus dilakukan?

Kilas balik dulu ...
Sekedar saran buat pria dan wanitanya, sebelum anda memutuskan untuk melihat dan meminang serta menerima pinangan, maka ada baiknya anda mencari informasi dulu seputar:
- Bagaimana agamanya
- Bagaimana akhlaqnya
- Bagaimana keturunannya (apakah banyak anak/tidak)
Nah point diatas yang terpenting, adapun kecantikan itu relatif, cantik bagi saya belum tentu bagi anda, akur?

Lalu timbul pertanyaan, bagaimana caranya?
Nah diantara caranya :
- Mungkin bisa anda cari info melalui ustadz / ustadzahnya jika anda menyerahkan pencarian jodohnya  kepada mereka.
- jika mencari sendiri tidak dilarang, maka cari info dari teman2 dekatnya, tetangganya, dan orang-orang yang mengenal baik dia,

Kalau jauh ? Ya diusahakan saja mencari tahu, belajar dikitlah menjadi detektif, masa yang begini saja mesti diajari, intinya anda cari TAHU ! Titik!

Saat Nadhor
Ketika nadhor dilaksanakan, maka sesuai jadwal yang sudah ditentukan (anggap saja sudah ditentukan ya), maka sebaiknya anda membawa keluarga, baik ayah, kakak, paman yang bisa anda mintai bantuan, karena terkadang dengan datangnya keluarga kita hal tersebut bisa menjadi lebih meyakinkan pihak keluarga wanita, dan terkadang urusan kedepannya nego-nego-an masalah walimah juga lebih mantap kalau diurus oleh kaum-kaum tua musyawarahnya, walau ga menjadi jaminan juga sih, tapi minimal hal-hal beginian bisa membuat keluarga si wanita lebih mudah diajak bernegosiasi.

Lalu apa yang harus dilakukan bah ?
Yang harus dilakukan pertama kali adalah minta melihat si calon, bisa dengan cara si calon keluar mengantarkan makanan / minuman, atau duduk disebelah / didekat ayahnya / walinya / mahromnya.

Yang harus diperhatikan adalah, usahakan jangan sampai ada pihak-pihak lelaki lain yang ikut-ikutan latah ingin melihat termasuk ayah kita, maka beri pengertian dulu kepada ayah kita sebelumnya, apalagi teman yang menemani anda ! Adapun ibu boleh menemani anda.

Jika sudah cocok bin klop alias matching, maka anda boleh langsung meminangnya. caranya anda bisa katakan langsung pada walinya atau via jubir anda berikutnya. sekalian kalau baiknya sih ditentukan tanggal H nya saja, supaya makin cepet makin bagusssssssssssss.....

Untuk mengetahui info selanjutnya semisal cacat fisik, dll, maka sebaiknya anda meminta bantuan ibu, saudara wanita untuk ngobrol dengan si calon, tanyakan sedetail mungkin selama tak melanggar etika syar'i. Bisa juga ditanyakan langsung pada ayah / ibunya, pokoknya Cari tahu dengan cara-cara yang benar..

Dan ini pun berlaku bagi si wanita, maka boleh menanyakan semisal contoh diatas.

Nah ada yang tanya ke saya juga , GIMANA NGOMONGNYA BAH ?
Hadeeeeh ya ngomong indonesia aja atuh kan bahasa persatuan ya?

Masalah ngomong anda bisa lakukan sendiri atau minta tolong pada orang lain sebagai jubir, bisa pada ayah anda, kakak anda, atau siapapun yang bisa anda mintai tolong ...

Kalau sama saya sendiri gimana bah ?
Caranya gampang...
1. pertama kali datang ucapkan salam
2. salaman dengan kaum pria yang ada disana
3. jangan masuk kalau belum dipersilahkan
4. duduk tenang dan manis saat dipersilahkan
5. atur nafas dalam-dalam, buang kalau nervous
6. berdoa kepada Allah minta dilancarkan lidah dan urusan
7. katakan :
Bismillah...Bapak...kedatangan saya kesini bermaksud ingin melihat putri bapak (kalau sama bapakny), semoga dengan melihat beliau, saya diberikan keyakinan untuk melamarnya kemudian menikahinya. APakah putri bapak tidak sedang dalam lamaran orang lain?Kalau sekiranya diizinkan saya minta untuk melihatnya. sekian dan terima kasih.
8. kalau sudah melihat lalu cocok dan ingin melamarnya :
Alhamdulillah pak saya cocok, dengan ini saya nyatakan bahwa saya ingin melamarnya, apakah lamaran saya diterima? kalau engga biarlah saya pulang lagi, walau hampa, insya Allah saya terima takdirNya ..

hadeeeh jadi ngelantur...

Dah ah, intinya mah begitu lah ..
Nah semoga manfaat ya .... selamat melihat dan melamar, semoga dimudahkan menikahnya sampai ta'addudnya.. ups ..

Dah ah saya mau lanjutin ngopinya ya ..

Ditulis Oleh : muhammad yusuf ~ Blog Pribadi Abu Iram Al-Atsary

Selamat, Anda sedang membaca artikel saya yang berjudul Jurus Jitu Abah saat melamar dan dilamar - Artikel ini diposting oleh muhammad yusuf pada hari Selasa, 21 Februari 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jangan lupa like ke akun facebook anda untuk berbagi - Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui Buku Tamu Kami. By. Abu Iram Al-Atsary.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com