Rabu, 11 April 2012

Info Gempa Terkini Area Aceh Dan Kota Lainnya

| Rabu, 11 April 2012 | 0 komentar

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru menyatakan gempa tektonik berkekuatan 8,5 skala richter (SR) yang berpusat di Kabupaten Simeulue, Nangroe Aceh Darussalam, berpotensi menyebabkan tsunami.

"Potensi tsunami berpotensi melanda lima wilayah provinsi di Indonesia, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu dan Lampung," demikian analis BMKG Pekanbaru, Marzuki, kepada Antara di Pekanbaru, Rabu.


Gempa berkekuatan 8.9 SR melanda kabupaten Simeulue, Nangroe Aceh Darusalam, pada Rabu (11/4) pukul 15:38:29 WIB. Titik kedalaman gempa Simeulue mencapai 10 kilometer.

Menyusul munculnya gempa tersebut, peringatan dini tsunami langsung dikeluarkan untuk wilayah Bengkulu, Lampung, NAD, Sumbar, dan Sumut. Lokasi pusat gempa, menurut data BMKG, tercatat di 2.31LU dan 92.67BT di perairan pesesir barat Aceh.

Redaktur: Didi Purwadi
Sumber: Antara



REPUBLIKA.CO.ID, Gempa 8.5 SR mengguncang Nangroe Aceh Darussalam pada pukul 15:38:29 WIB. Peringatan Dini Tsunami masih berlaku untuk wilayah Bengkulu, Lampung, NAD, Sumbar, dan Sumut. Lokasi pusat gempa, menurut data BMKG, tercatat di 2.31LU,92.67BT di perairan pesisir barat Aceh.

Dari laporan salah satu Televisi Swasta getaran di Aceh terasa hingga 5 menit. Masyarakat memutuskan di luar rumah. Beberapa persimpangan di Banda Aceh dipenuhi warga.

BMKG melakaukan pemutakhiran skala yang awalnya diinformasikan 8.9 SR menjadi 8.5 SR. Beberapa wilayah berstatus awas terutama di daerah Aceh, Mentawai, Sibolga, Nias. Sedangkan daerah Lampung dan Banten berstatus siaga.

Dari model yang dimonitor BMKG ada kemungkinan terjadi tsunami setinggi 6 meter di Simelu, namun hingga berita ini dilaporkan dari alat pemantau tsunami belum dilaporkan terjadi Tsunami.

Redaktur: Hafidz Muftisany
Sumber: info BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Gempa bumi yang terjadi di Sumatra, Indonesia Rabu (11/4) telah dikeluarkan peringatan Tsunami. Peringatan Tsunami ini diberikan kepada 27 negara dunia di kawasan samudra Hindia.

Dalam situs Pasific Tsunami Warning Center gempa Sumatra yang berkekuatan 8,5 skala richter juga dirasakan hingga 27 negara lain selain Indonesia.

Diantara 27 negara yang ikut mendapat peringatan gempa tersebut diantaranya Indonesia, India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Maldives, United Kingdom, Malaysia, Mauritius, Reunion, Seychelles, Pakistan, Somalia, Oman, Madagascar, Iran, Uae, Yemen, Comores, Bangladesh, Tanzania, Mozambique, Kenya, Crozet Islands, Kerguelen Islands, South Africa dan Singapore.

Pada Rabu (11/4) pukul 15:38 WIB, dengan koordinat 2,0 derajat lintang utara dan 92,5 derajat bujur timur, di pesisir pantai utara Sumatra.

Redaktur: Hafidz Muftisany
Reporter: Amri Amrullah
Sumber: ptwc.weather.gov



Semoga Allah menjaga saudara-saudara kita yang disana ...

Ditulis Oleh : Unknown ~ Blog Pribadi Abu Iram Al-Atsary

Selamat, Anda sedang membaca artikel saya yang berjudul Info Gempa Terkini Area Aceh Dan Kota Lainnya - Artikel ini diposting oleh Unknown pada hari Rabu, 11 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jangan lupa like ke akun facebook anda untuk berbagi - Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui Buku Tamu Kami. By. Abu Iram Al-Atsary.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com