Senin, 05 Maret 2012

Istri Berkata : Mertuaku Mata Duitan !!

| Senin, 05 Maret 2012 | 0 komentar

Maktabah Online On:
Istri Berkata : Mertuaku Mata Duitan




Kasus Istri :
Kok Mertua saya sangat demen sekali sama duit ya? bentar-bentar minta duit sama anaknya, dikit-dikit minta duit, buat jajanlah, buat inilah dan buat itu, gimana nih kalau dapet mertua kayak gini?

Solusi dari Abah :
Coba kita perhatikan dengan seksama ya :
عن عائشة عن النبي صلى الله عليه و سلم أنه قال " ولد الرجل من كسبه من أطيب كسبه فكلوا من أموالهم "

Dari Aisyah dari Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Anak seseorang itu termasuk jerih payah orang tersebut bahkan termasuk jerih payahnya yang paling bernilai, maka makanlah sebagian harta anak.” (HR. Abu Daud, no.3529 dan dinilai sahih oleh Al-Albani)

إن من أطيب ما أكل الرجل من كسبه وولده من كسبه

Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seenak-enak makanan yang dimakan oleh seseorang adalah hasil jerih payahnya sendiri dan anak seseorang adalah termasuk jerih payahnya.” (HR. Abu Daud, no. 3528 dan dinilai sahih oleh Al-Albani)

عن جابر بن عبد الله أن رجلا قال يا رسول الله إن لي مالا وولدا. وإن أبي يريد أن يجتاح مالي. فقال: ( أنت ومالك لأبيك )

Dari Jabir bin Abdillah, ada seorang berkata kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, sesungguhnya aku memiliki harta dan anak namun ayahku ingin mengambil habis hartaku.” Rasulullah bersabda, “Engkau dan semua hartamu adalah milik ayahmu.” (HR. Ibnu Majah, no. 2291, dinilai sahih oleh Al-Albani)



Dari penjelasan diatas, hendaklah si anak dan istri bertaqwa kepada Allah, karena Islam telah mengatur hak-hak orang tua terhadap anaknya dan mengatur kewajiban anak pada orang tuanya.

Maka melihat hukum yang berlaku, hendaklah si anak memenuhi apa yang diminta orang tuanya, sehingga kebutuhan orang tuanya terpenuhi.

Nah yang menjadi masalah, bagaimana jika si anak tak mampu?
Solusi terbaiknya adalah berkomunikasi, berbicara dengan baik dan menjelaskan keadaannya, Insya Allah mengerti.

Kalau tak juga mengerti ?
Maka berilah semampunya dengan berterus terang dengan cara yang baik, dan sekalipun engkau memalingkan kebutuhanmu dan memenuhi kebutuhan orang tua niscaya Allah akan menggantinya, percaya deh..

Nah untuk si istri maka dia mesti memahami hukum dan masalah ini, sehingga dia bisa mendukung suaminya dalam hal memenuhi kebutuhan orang tuanya ..

Allahu A'lam ..

Ditulis Oleh : muhammad yusuf ~ Blog Pribadi Abu Iram Al-Atsary

Selamat, Anda sedang membaca artikel saya yang berjudul Istri Berkata : Mertuaku Mata Duitan !! - Artikel ini diposting oleh muhammad yusuf pada hari Senin, 05 Maret 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jangan lupa like ke akun facebook anda untuk berbagi - Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui Buku Tamu Kami. By. Abu Iram Al-Atsary.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com