Jumat, 10 Februari 2012

CARA MEMASANG PLUGIN COMMENT DAN LIVE STREAM FACEBOOK DI BLOGSPOT

| Jumat, 10 Februari 2012 | 6 komentar

Facebook.com telah menyediakan beberapa aplikasi kecil yang dapat dipasang di website dan blog diantaranya yaitu: plugin like button, plugin activity feed, plugin recommendations, plugin like box, plugin login button, plugin facepile, plugin live stream,  dan plugin comments,


Beberapa aplikasi tersebut sering dipasang di blog atau website . Pada artikel ini saya menuliskan cara membuat kotak komentar facebook pada blog dengan  plugin comments,  dan live stream. 

cara memasang kotak komentar facebook di blog

Plugin Live Stream.


Plugin live stream  memungkinkan pengunjung blog anda berbagi aktivitas dankomentar secara real time. Live Streaming sangat bagus bila anda menjalankan acara real-time, seperti video live streaming untuk konser, pidato, atau webcast, chatting. Anda juga bisa memasangnya di blog sebagai alternatif lain dari pemanfaatan plugin facebook untuk kepentingan interaktif dengan pengunjung blog atau situs web anda.

 

Kotak Komentar facebook.


Kotak komentar facebook memungkinkan pengunjung website atau blog anda untuk memberikan komentar pada konten situs anda - apakah itu untuk halaman web anda, artikel, foto, atau bagian lain dari isi blog. Pengunjung dapat secara langsung mengirimkan komentar tersebut ke dinding facebook dan dibagikan ke teman-teman mereka.

Untuk mengelola kotak komentar, anda harus terdaftar sebagai pengembang pada aplikasi yang digunakan untuk menginisialisasi SDK JavaScript. Sebuah link 'Administer comments' akan muncul di bawah tombol 'Posting' untuk pengembang aplikasi.
cara memasang kotak komentar facebook di blog

Untuk memasang plugin comments kunjungi Disini
Tulis Unique ID aplikasi pada kotak isian, untuk memperoleh Unique ID kunjungi  Disini

Ketik nama yang anda kehendaki pada kotak isiannama situs, pada kotak isian URL situs ketik url situs anda misal:http://www.jahemerahkaromah.com/, pada  Lokasipilih Bahasa Indonesia, kemudian klik tombolcreate app.

Selanjutnya facebook akan melakukan verifikasi akun facebook anda dengan meminta  nomor handphone anda, pihak facebook akan mengirimkan kode verifikasi melalui sms, Untuk konfirmasi anda diminta memasukkan kode verifikasi tersebut, bila kode yang anda masukkan benar maka anda akan segeramendapatkan Unique ID untuk aplikasi comment tersebut.
Selanjutnya anda kembali kehttp://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/comments/ Tulislah kotak isian Unique ID, tulis Number of comments dengan jumlah komentar yang hendak anda tampilkan,  width adalah  lebar kolom yang anda kehendaki misal 400, tandai tombol publish feed, klik tombol Get code, lalu copy code yang ada di kotak, kemudian masuk ke akun blogger,  klik design, Edit HTML, klik button expand widget template dan letakkan kode tersebut tepat dibawah kode ini :   
  
Kotak komentar facebook akan terletak tepat dibawah baris akhir artikel posting anda.

Bila anda hendak meletakkan kotak comment di sidebar blog anda,  kembali ke dashboard blogger, klik  page element. klik add gadget, pilih html/javaScript, dan paste code tersebut, klik save.  Untuk mempermudah anda mencari letak kode gadget di html blog beri judul untuk gadget tersebut. Pada contoh gadget tersebut saya beri judul "Komentar facebook"

Anda kunjungi blog anda, bila aplikasi (gadget) comment tersebut tidak tampil di sidebar, edit kode html blog anda, jangan lupa mengklik button expand widget template dan cari rangkaian kode html untuk gadget comment tersebut, contoh pada blog ini adalah baris kode berikut:

___________________ 

Ganti kode yang berwarna merah dengan kode comment facebook yang anda dapatkan tadi. 

Unique Id yang anda isikan pada plugin comments dapat juga anda gunakan untuk unique ID Plugin live stream. Cara memasang kotak live stream sama dengan cara memasang kotak komentar facebook, hanya saja alamat yang harus anda kunjungi adalah http://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/live-stream/ .

Ditulis Oleh : muhammad yusuf ~ Blog Pribadi Abu Iram Al-Atsary

Selamat, Anda sedang membaca artikel saya yang berjudul CARA MEMASANG PLUGIN COMMENT DAN LIVE STREAM FACEBOOK DI BLOGSPOT - Artikel ini diposting oleh muhammad yusuf pada hari Jumat, 10 Februari 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Jangan lupa like ke akun facebook anda untuk berbagi - Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui Buku Tamu Kami. By. Abu Iram Al-Atsary.

6 komentar:

Cipto Abi Yahya mengatakan...

kok masih belum paham ya ana..

Abu Iram Al-Atsary mengatakan...

Diikuti saja langkah2nya pak

Black Techno mengatakan...

ada lagi yang gratis gan, buatan indonesia, namanya wgchat.com
bisa integrasi dengan ym gtalk dan facebook.

ada versi gratis selamanya juga

Jefry mengatakan...

saya juga punya blogspot ni, mungkin akan saya pasang juga plugin comment ini
trims infonya

catatanmy mengatakan...

sama2 pak

Black Techno mengatakan...

ada lagi widget untuk livechat yang gratis gan, namanya wgchat, webnya wgchat.com. asli bikinan indonesia, bisa integrasi dengan ym, facebook, dan gtalk juga.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Tulis Komentar Anda Disini:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com